PROFIL
PROFIL
STANDAR PELAYANAN PUBLIK
STANDAR PELAYANAN PUBLIK
KONTAK
KONTAK
TRANSPARANSI KEUANGAN
TRANSPARANSI KEUANGAN
SATU DATA
SATU DATA
LAIN-LAIN
LAIN-LAIN

PERDA INISIATIF TENTANG PERLINDUNGAN PELAKU UMKM DI RANCANG BAPEMPERDA

PERDA INISIATIF TENTANG PERLINDUNGAN PELAKU UMKM DI RANCANG BAPEMPERDA

Bapemperda DPRD Kota Denpasar menggelar Rapat Kerja membahas Ranperda Inisiatif tentang Perlindungan Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Senin ( 12/9 ).

Rapat Kerja ini dipimpin langsung Ketua Bapemperda, A A Putu Gede Wibawa di dampingi Wakil Ketua Bapemperda, I Made Sukarmana, yang dihadiri oleh segenap Anggota Bapemperda. Hadir dalam kesempatan tersebut, Tim Penyusun Naskah Akademik dan Kelompok Ahli Bapemperda.

Ketua Bapemperda, A A Putu Wibawa dalam pembukaan Rapat Kerja ini, mengatakan Bapemperda DPRD Kota Denpasar mencoba untuk merancang Perda Inisiatif tentang Perlindungan terhadap UMKM di Denpasar. Tahap awal ini Bapemperda sudah mengundang Tim Penyusun dari Universitas Udayana dan Tim Ahli yang akan mengawal Pembentukan Perda Inisiatif ini. Setelah pertemuan dengan Tim Penyusun Naskah Akademik dan Tim Kelompok Ahli ini akan di lanjutkan dengan pembahasan bersama OPD terkait, seperti Dinas Koperasi dan UMKM, Disperindag, Bagian Hukum, serta OPD terkait lainnya.

Pembahasan awal dari Tim penyusun, A A Istri Ariatu Dewi memaparkan, berbagai Regulasi yang bisa menguatkan Pembentukan Ranperda ini. Terlebih Pemerintah Pusat menggalakkan tumbuhnya para pelaku UMKM dalam mendorong peningkatan perekonomian masyarakat. Tim Ahli melalui Bp Danang mengatakan Bapemperda DPRD Kota Denpasar diminta untuk lebih awal melakukan koordinasi dengan OPD terkait agar tidak terjadi dobel perda.

Atas saran dan masukan dari Tim Penyusun dan Tim Ahli, jajaran Bapemperda akan melakukan koordinasi agar tidak terjadi tumpang tindih. Selain merancang Ranperda Perlindungan UMKM, Bapemperda juga membahas Empat Ranperda yang diusulkan OPD, yang baru masuk ke Dewan di luar Propemperda yang sudah masuk di tahun 2022 ini.  Ke Empat Ranperda tersebut yakni, Ranperda tentang Pencegahan dan Peningkatan Rumah Kumuh di Kota Denpasar, Ranperda tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha, Ranperda tentang Pembangunan dan Pengembangan Perumahan di kawasan Pemukiman, dan Ranperda tentang Izin Usaha Pemondokan dan Pendaftaran Usaha Pariwisata.

Share
Tags